Cerita Korban Selamat Tsunami di Tanjung Lesung sampai Carita
Cerita Korban Selamat Tsunami di Tanjung Lesung sampai Carita

Cerita Korban Selamat Tsunami di Tanjung Lesung sampai Carita

Hore.info, Jakarta – Tsunami menerjang perairan Selat Sunda, puluhan bangunan rumah rusak diterjang ombak. Banyak korban dalam peristiwa ini, namun ada juga beberapa korban yang selamat dari peristiwa ini.

“Berdasarkan data yang dikumpulkan hingga pukul 23.30 WIB Minggu (23/12). Total korban jiwa 229 orang meninggal dunia,” kata Kepala Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho kepada detikcom, Senin (24/12/2018).

Baca juga: Update Data Korban Tsunami Selat Sunda: 281 Tewas, 1.016 Luka

Dari 229 orang meninggal karena tsunami, tetapi ada juga warga yang selamat dan bertahan dari reruntuhan bangunan di beberapa lokasi yang terdampak dari tsunami, mereka yang selamat adalah:

1. Bocah Ali di Pantai Carita

Bermula dari Ali, bocah yang menjadi korban tsunami di Pantai Carita ini selamat, sebelumnya Ali ditemukan oleh tim Dansat Brimob Polda Banten. Bocah itu ditemukan di bawah reruntuhan mobil yang rusak akibat tersapu ombak. Ali yang ditolong oleh petugas kepolisian akhirnya selamat dari reruntuhan mobil. Kondisinya saat itu ketika diselamatkan sekujur tubuhnya basah, baju yang dikenakan juga terlihat basah, dan wajah Ali juga terlihat sangat pucat.

Ali disebut memiliki luka ringan, dan saat ini Ali ditangani oleh Bid Dokes Polda Banten, di dekat Mutiara Resort Pantai Carita. Saat ini Ali sedang dalam penanganan polisi, update kondisinya saat ini dikatakan telah pulih.

2. Ifan Seventeen Band selamat di Pantai Anyer, Tanjung Lesung

Vokalis band seventeen ini juga merupakan salah satu korban yang selamat dari peristiwa peristiwa tsunami di Tanjung Lesung. Ifan kala itu sedang manggung bersama ‘Seventeen’ untuk menghibur peserta family gathering PLN. Saat itu, Ifan mengatakan tidak ada tanda-tanda terjadi tsunami, dia mengungkapkan suasana pantai saat itu tenang tidak ada tanda-tanda akan terjadi tsunami yang menewaskan banyak orang.

“Nggak, nggak ada apa-apa. Itu suasananya tenang banget, ombaknya kecil, anginnya juga nggak ada. Tenang memang tenang. Kita nggak nyangka gitu apa pun. Cuma memang dari kejauhan kita sempat ngelihat baranya anak gunung Krakatau. Cuma kita nggak nyangka aja ada gelombang,” ujar Ifan, Minggu (23/12).

Saat itu, lagu pertama Seventeen sukses menghibur para peserta pertemuan itu. Namun saat memasuki lagu kedua, tsunami menghempaskan panggung itu seketika. Saat ini kru seventeen lainnya, gitaris seventeen, Bani, ditemukan meninggal dunia. Menyusul kemudian Herman, sang gitaris yang juga calon anggota legislatif (caleg) dari PKB, juga berpulang. Ifan juga menyebut road manager Seventeen, Oki Wijaya, juga meninggal dunia.

Baca juga: Jumlah Korban Tewas Tsunami Banten-Lampung 229 Orang

3. Khatam (26) seorang nelayan.

Khatam menceritakan saat itu dia dan lima orang lainnya, pada saat kejadian itu sedang di atas kapal untuk mencari ikan. Tiba-tiba dikatakannya dari arah laut muncul ombak besar yang menghantam kapalnya itu.

Dia tidak mengetahui berapa ketinggian ombak itu, yang jelas dia hanya mengetahui karena ombak tinggi itu dia sempat terlempar sekitar 500 meter dari titik kapal yang ditumpangi. Saat itu dia selamat karena tersangkut pohon randu, akibatnya Khatam mengalami luka di bagian pinggul dan kaki.

Meskipun dia selamat, Khatam menyebut kelima saudaranya ada yang meninggal, ada pula yang belum ditemukan.

4. Kru ‘seventeen band’ Zack

Selain Ifan, salah satu kru seventeen juga ada yang selamat dari terjangan tsunami, dia bernama Zack. Zack mengaku selamat karena berpegangan dengan tiang besi panggung yang roboh karena ombak.

Dia menceritaakan besi tersebut menyangkut di pohon sehingga bisa menjadi penyelamat untuknya. Dia pun memohon doa untuk personel Seventeen yang sampai saat ini belum ditemukan.

Selain itu, dalam instagram story miliknya, dia membagikan cerita mengenai sepatunya yang menjadi saksi bisu tsunami itu.

“Sisa satu sepatu saksi hidup gw kegulung ombak tsunami di Tanjung Lesung.. Di dalam air cuman bisa berdoa “Tuhan Yesus Toloong!!” Detik2 terakhir nafas hampir habis.. Tiba2 megang besi bekas panggung roboh..,” tulis Zack pada Instagram Storiesnya dilihat detikHOT, Minggu (23/12).

Baca juga: Segera! Begini Penanganan dan Evakuasi Bencana Tsunami Banten-Lampung

5. Ade Jigo

Salah satu komedian, Ade Jigo juga merupakan korban selamat dari tsunami Perairan Selat Sunda ini. Dia juga merupakan salah satu pengisi acara di family gathering PLN.

Ade pergi ke Tanjung Lesung bersama isterinya, Meyuza. Namun saat ini diketahui sang istri telah meninggal dunia karena peristiwa ini.

6. Vokalis Jamrud, Krisyanto

Vokalis band ‘Jamrud’, Krisyanto juga selamat dari kejadian ini. Ketikaair tsunami datang, dia mengaku langsung lari ke dataran yang lebih tinggi, saat tsunami tersebut mulai menghadang.

“Aku ngungsi ke dataran tinggi brader. Aku sekarang di rumah orang tua sudah tiga hari di Carita. Kejadiannya jam 9 malam ombak tsunaminya. Orang pada berlarian sambil teriak ‘air pasang’. Satu kampung mengungsi semua ke dataran yang lebih tinggi brader,” tulis Krisyanto dalam sebuah grup whatsApp.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

BNPB-Up-date-Korban-Banjir-Jayapura-112-Orang-Meninggal

BNPB Up-date Korban Banjir Jayapura: 112 Orang Meninggal

Hore.info, Jakarta – Tubuh Nasional Penanggulangan Musibah (BNPB) mencatat korban meninggal karena banjir bandang di ...

Ifan-'Seventeen'-Unggah-Foto-Kenangan-Honeymoon-dengan-Dylan-di-Swiss

Ifan ‘Seventeen’ Unggah Foto Kenangan Honeymoon dengan Dylan di Swiss

Hore.info, Jakarta – Ifan ‘Seventeen’ mengunggah foto kenangan bersama istrinya, Dylan Sahara kala berbulan madu ...

Kisah Additional Keyboardist Seventeen Lolos dari Tsunami Banten

Kisah Additional Keyboardist Seventeen Lolos dari Tsunami Banten

Hore.info, Yogyakarta – Additional keyboardist Seventeen, Moko mengaku bahwa seharusnya ia ikut tampil di Tanjung ...

Ketegaran-Ifan-'Seventeen'-Dampingi-Jenazah-Sang-Istri

Ketegaran Ifan ‘Seventeen’ Dampingi Jenazah Sang Istri

Hore.info, Jakarta – Ifan ‘Seventeen’ memperlihatkan ketegarannya saat membawa peti jenazah sang istri, Dylan Sahara. ...

Tetes Air Mata Ifan 'Seventeen' saat Mohon Doa untuk Istri

Tetes Air Mata Ifan ‘Seventeen’ saat Mohon Doa untuk Istri

Hore.info, Jakarta – Berusaha tetap tegar, Ifan ‘Seventeen’ akhirnya tak sanggup menahan tangis. Ifan terisak ...

Segera! Begini Penanganan dan Evakuasi Bencana Tsunami Banten-Lampung

Segera! Begini Penanganan dan Evakuasi Bencana Tsunami Banten-Lampung

Hore.info, Jakarta – Tanah air kembali dirundung duka. Bencana tsunami terjadi di Banten-Lampung pada Minggu ...