Menghilangkan Korupsi Harus Ada Partisipasi Masyarakat

HOREINFO –┬áPresiden Joko Widodo atau Jokowi mengaku ingin melibatkan masyarakat dalam mencegah, mengurangi dan menghilangkan budaya korupsi.

Dengan alasan itu, ia menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 43 Tahun 2018 tentang Tata Cara Pelaksanaan Peran Serta Masyarakat dan Pemberian Penghargaan dalam Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pindana Korupsi.

Dalam PP itu diatur tentang pelapor kasus korupsi yang bisa mendapatkan penghargaan berupa uang tunai dengan nilai maksimal hingga Rp 200 juta.

Kita menginginkan adanya partisipasi dari masyarakat untuk bersama-sama mencegah dan mengurangi, bahkan menghilangkan yang namanya korupsi. Ingin ada sebuah partisipasi masyarakat, Jokowi usai membuka Rapat Kerja Nasional Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) di Pondok Gede, Jakarta Timur, Rabu (10/10/2018).

Presiden mengatakan, PP itu memang mengatur tentang pemberian penghargaan untuk para pelapor. Menurutnya, pemerintah melalui Kementerian Keuangan sudah menyiapkan anggaran untuk pelaksanaan PP tersebut.

Nanti tanya Menteri Keuangan, kita ingin memberikan penghargaan, apresiasi kepada masyarakat melaporkan tindak kejahatan luar biasa itu

Nanti mekanismenya saya kira akan diatur kementerian atau nanti setelah ditindaklanjuti.

Penghargaan Uang Tunai
Sebelumnya, Jokowi telah menandatangani PP Nomor 43 Tahun 2018 tentang Tata Cara Pelaksanaan Peran Serta Masyarakat dan Pemberian Penghargaan dalam Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pindana Korupsi.

PP ini mengatur tentang pelapor kasus korupsi yang bisa mendapatkan penghargaan berupa uang tunai dengan nilai maksimal hingga Rp 200 juta.

Besaran premi yang diberikan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) paling banyak Rp 200.000.000,demikian bunyi Pasal 17 ayat (2) PP 43 Tahun 2018 yang dikutip dari situs setneg.go.id pada Selasa 9 Oktober 2018.

Kemudian untuk laporan kasus suap, besaran penghargaan yang diberikan sebesar dua permil dari nilai uang suap dan atau uang dari hasil lelang barang rampasan.

Sementara, pada Pasal 20 mengatur mengenai pelaksanaan pemberian penghargaan berupa premi dilakukan setelah kerugian keuangan negara, uang suap, atau uang dari hasil lelang barang rampasan disetor ke kas negara. Penghargaan pun akan dialokasikan dalam anggaran masing-masing penegak hukum.

Di samping pelapor, penegak hukum juga memberikan penghargaan berupa piagam kepada masyarakat yang aktif bergerak di bidang pencegahan tindak pidana korupsi. Dalam memberikan piagam, penegak hukum akan menilai kegiatan pencegahan korupsi yang telah dilakukan.

Pemberian penghargaan berupa piagam dan/atau premi dilaksanakan berdasarkan hasil penilaian yang ditetapkan dalam keputusan pimpinan instansi Penegak Hukum, bunyi Pasal 18 PP 43 Tahun 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Situng KPU 65%: Jokowi Unggul 12,2 Juta Suara dari Prabowo

Situng KPU 65%: Jokowi Unggul 12,2 Juta Suara dari Prabowo

Hore.info, Jakarta – Data yang masuk di Skema Info Perhitungan Suara (Situng) KPU untuk Pemilihan ...

AHY Bertemu Jokowi Sore Ini, TKN Puji Ciri-ciri Negarawan SBY

AHY Bertemu Jokowi Sore Ini, TKN Puji Ciri-ciri Negarawan SBY

Hore.info, Jakarta – Signal Partai Demokrat (PD) merapat ke petahana Presiden Joko Widodo kuat. Tidak ...

Jokowi akan Berjumpa AHY Sore Ini

Jokowi akan Berjumpa AHY Sore Ini

Hore.info, Jakarta – Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyebutkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan berjumpa Komandan ...

TKN-Jokowi-Selalu-Goda-Demokrat,-Signal-Konsolidasi-Kuat

TKN Jokowi Selalu Goda Demokrat, Signal Konsolidasi Kuat

Hore.info, Jakarta – Bujukan dari Team Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin untuk Partai Demokrat merapat ...

RI Ingin Ubah Ibu Kota, Bappenas: Bukan Buat Jakarta Ke-2

RI Ingin Ubah Ibu Kota, Bappenas: Bukan Buat Jakarta Ke-2

Hore.info, Jakarta – Menteri Rencana Pembangunan Nasional (PPN/Kepala Bappenas) Bambang Brodjonegoro menjelaskan perpindahan ibu kota ...

Yuk, Membantu Jokowi Mencari Ibu Kota Baru!

Yuk, Membantu Jokowi Mencari Ibu Kota Baru!

Hore.info, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menggaungkan gagasan perpindahan Ibu Kota Republik Indonesia ...